Cara Mudah Instal OS Windows 8 Pakai Flashdisk

Tutorial seperti ini sebenarnya sudah banyak yang posting. Namun, tetap saia posting di blog ini sebagai catatan pribadi agar tidak lupa di kemudian hari.
Hampir (kurang lebih) 3 tahun ini, saia memang tidak pernah melakukan instalasi sendiri pada kebutuhan laptop/ PC. Bahkan saat diterima kerja, saia mendapat laptop dalam keadaan siap pakai. Tinggal bilang ke IT Support apa kebutuhannya untuk laptopnya, maka semua software sudah terinstal dengan baik. Trims buat IT Support!

Minggu kemarin, saia mendapatkan device baru (lagi) dari semacam perlombaan. Tak perlu dijelaskan disini bentuk kegiatan lombanya, namun bentuk device-nya berupa laptop baru kinyis-kinyis. Sayangnya, laptop baru ini dalam keadaan kosong alias tanpa OS, hanya ada sistem dari bawaannya (standar default).
Berdasarkan spesifikasi, laptop yang termasuk minimalis ini tidak menyertakan hardware pemutar CD-DVD. Untungnya masih menyediakan 3 lubang USB, lubang HDMI dan lubang ethernet. Alhamdulillah... Berbekal lubang USB itulah, saia memanfaatkannya sebagai alat bantu proses instalasi OS menggunakan flashdisk.
Karena saia lupa cara instal OS pakai flashdisk, segera buka-buka diktat lama yang saia dapatkan saat masih kuliah (dulu). Oh... Ternyata begini.. Oh... Ternyata begitu... Ya uda, tinggal colok lalu biarkan berjalan prosesnya dan minum jamu kunyit asam hingga kelar. Gak lama, sekitar 15 menit udah klik 'FINISH'.
Urut-urutan prosesnya silahkan simak di bawah ini :
  • Saia harus menyiapkan tools dari Microsoft karena akan menginstal laptop dengan OS Windows 8. Nama tools-nya adalah "Windows 7 USB / DVD Tool" yang saia dapatkan dengan cara mengunduhnya di SINI!
  • Saia harus menyiapkan file instalasi OS Windows 8 dalam bentuk ISO ke dalam HD agar nantinya bisa di transfer ke flashdisk.
  • Menginstal "Windows 7 USB / DVD Tools" dengan baik dan tunggu hingga selesai. Setelah di instal, tools tersebut menjadi aplikasi dan biasanya sudah terpasang langsung di desktop jika menginstal dalam keadaan normal.


  • Jalankan aplikasinya maka akan keluar pop-up di bawah ini, lalu pilih file ISO OS Windows 8 dan klik "Next".

  • Berhubung saia menggunakan media flashdisk, maka saia memilih USB Device.
  • Pilih Begin copying untuk memulai transfer file ke flashdisk, jika keluar notifikasi lebih baik pilih "Erase USB Device" biar di format sekalian. Jangan ragu-ragu untuk memilih Yes agar instalasi berjalan cepat dan normal.


  • Proses format flashdisk dimulai sebelum file di transfer (copy) ke dalam flashdisk.

  • Restart komputer dan setting booting-nya dengan pilihan USB drive urutan paling atas.
  • Berhubung laptop baru, maka proses instalasi windows pun sangat mudah dan lancar. Perbedaannya hanya membuat partisi-partisi pada hardisk.
  • Proses mengkopi pun dimulai, tinggal nunggu sambil minum jamu kunyit-asam, tahu-tahu uda selesai aja.
Akhirnya selesai sudah instalasi windows 8 pakai flashdisk.

0 comments:

Post a Comment